Berbagi Cerita Berbagi Cinta

“Berbagi Cerita Berbagi Cinta” berisi tujuh cerita bergambar yang mengisahkan tentang peristiwa sehari-hari. Ada Dini, bebek nakal yang akhirnya sakit karena kehujanan. Benji, singa laut yang sedang sakit gigi. Atau Nana, naga yang sulit tidur karena suara-suara aneh di kamarnya.

Tak ketinggalan, ada juga Pascal – singa yang bangga dengan rambut lebat miliknya. Cerita yang satu ini sempat mendapatkan penghargaan Adikarya dari IKAPI pada 2006 sebagai Buku Bacaan Anak Terbaik.

Suatu hari, Pascal diminta untuk memimpin parade Malam Festival. Ia ingin tampil keren dengan mengubah gaya rambutnya yang alami. Berbagai model rambut dicoba oleh Pascal, namun ia tidak pernah puas. Akhirnya Pascal kembali kepada gaya rambutnya yang awal. Ternyata gaya rambutnya yang alami itulah yang paling keren untuk Pascal.

SFTH1

Sebenarnya, cerita-cerita dalam “Berbagi Cerita Berbagi Cinta” sudah pernah diterbitkan pada 2005. Namun, baru tahun 2015 ini keluar edisi bundelnya, di mana tujuh cerita sekaligus dimuat dalam satu buku dan dibuat dwibahasa, Inggris dan Indonesia.

Secara keseluruhan, cerita-cerita yang dipaparkan berkesan ringan. Sangat ringan bahkan. Tidak ada pesan-pesan moral yang dipaksakan. Tetapi, dari setiap cerita, kita pasti bisa mendapatkan sesuatu. Entah itu tersenyum geli saat melihat Lupi, bocah pelupa yang lupa membawa jaring saat hendak menangkap ikan.

Atau, kita bisa jadi terkekeh melihat kerepotan keluarga kuda nil yang hendak berlibur. Dalam cerita ini, seseorang selalu melupakan sesuatu dan harus kembali ke rumah untuk mengambilnya. Butuh waktu lama sampai akhirnya keluarga itu benar-benar bisa pergi ke pantai.

SFTH2

Ilustrasi di dalam buku ini juga sangat mendukung cerita yang diusungnya. Sama-sama memberi kesan ringan dan menyenangkan.

“Berbagi Cerita Berbagi Cinta” cocok dibacakan kepada anak balita. Buku ini juga pas untuk dibaca bersama anak yang sedang belajar membaca.

Agustina Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *