Dongeng Mini Nusantara

Jika Anda perhatikan buku-buku cerita rakyat nusantara saat ini, Anda akan melihat bahwa umumnya buku-buku tersebut berisi teks yang cukup padat. Nah, buku cerita rakyat yang satu ini berbeda. Dalam “Dongeng Mini Nusantara”, cerita rakyat dikemas dalalm format picture book dengan jumlah kalimat terbatas – cocok untuk buah hati yang baru berkenalan dengan dunia bacaan.

DongengMini-1

Ilustrasi yang manis dan kaya warna akan menarik perhatian anak kecil. Material buku yang terbuat dari karton tebal juga menandakan kesiapannya dimainkan oleh sang pembaca pemula. Meski demikian, seri dongeng ini tetap mampu mengutarakan esensi cerita dan, seperti umumnya cerita rakyat yang dikisahkan ulang untuk anak, kelima kisah tersebut memiliki nilai moral.

DongengMini-2

Lima cerita rakyat yang diangkat dalam seri ini adalah cerita yang cukup populer di tanah air, yakni Danau Toba, Malin Kundang, Lutung Kasarung, Cindelaras, dan Keong Mas. Karena jumlah kalimat yang sedikit, orangtua harus dapat menuturkan cerita-cerita itu dengan intonasi tepat saat membacakannya untuk anak. Ada baiknya juga memanfaatkan alat peraga, seperti cangkang keong yang dicat emas atau mainan ikan milik anak. Suasana dongeng pun lebih terbangun, membawa si kecil pada kekayaan cerita lokal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *