Fe Ingin Ganti Nama

Sepertinya buku cerita anak dwibahasa sedang tren. Tak terkecuali buku bergambar dengan judul “Fe Ingin Ganti Nama”, yang dibuat dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Fe adalah tokoh utama yang mengambil bentuk gajah perempuan kecil. Suatu hari, ada murid baru datang ke kelas Fe. Dia adalah jerapah bernama Elisabeth. Fe mengagumi nama teman barunya karena mirip nama ratu kerajaan.

Karena Elisabeth, Fe jadi merenung tentang namanya sendiri. Fe merasa namanya terlalu pendek dan tidak berkesan. Fe tidak menyukai namanya, maka mulai hari itu ia merubahnya menjadi Dorothy.

Fe pikir Dorothy terdengar jauh lebih keren. Tapi… apa yang terjadi? Nama baru Fe malah dijadikan bahan ledekan oleh teman-temannya. Mereka memanggilnya “Dor!” seperti bunyi letusan senapan, atau “Roti!” seperti penjual roti.

Fe-1

Fe jadi sedih. Pada akhirnya ia menyadari bahwa nama yang diberikan orangtuanya memang sudah yang terbaik. Maka Fe merubah namanya kembali menjadi Fe. Ia pun menyukai nama itu sekarang.

Pesan yang ingin disampaikan dalam buku cukup jelas. Anak-anak diharapkan untuk bisa menghargai apa yang mereka miliki secara apa adanya. Termasuk nama. Apa yang kelihatannya bagus dimiliki anak lain, belum tentu bagus bila dikenakan oleh anak kita.

Bila dilihat dari jumlah karakter dalam buku, “Fe Ingin Ganti Nama” bisa dibilang cukup padat. Walau begitu, cerita dalam picture book ini tetap terasa ringan. Anak-anak berusia balita tidak akan menemukan kesulitan untuk menikmatinya bersama orangtua mereka. Apalagi, ilustrasinya dibuat menarik, berwarna-warni, dan menghibur.

Fe-2

Pada bagian akhir buku, disediakan juga dua halaman aktivitas. Anak-anak bisa mengikuti permainan mencari kata atau mewarnai.

Seandainya anak Anda menyukai tokoh Fe, mereka bisa membaca kisahnya yang lain. Total, ada enam buku yang mengisahkan pengalaman Fe bersama teman-temannya, di antaranya adalah “Fe Bertemu Hantu” dan “Fe & Dot Kesayangan”. Semua mengusung nuansa cerita yang sama : ceria, lucu, dan menyenangkan, khas anak-anak.

Agustina Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *