HARI-HARI TERINDAH ANAK MUSLIM

Selain lewat mengaji dan belajar di sekolah, ada cara lain yang bisa dilakukan orangtua untuk mengajarkan pemahaman agama pada anak, yaitu lewat buku cerita. Seperti halnya buku karya Renny Yaniar ini, yang menyajikan informasi penting dan pesan moral secara menarik sesuai selera anak-anak.

Buku ini menceritakan tentang hal-hal mendasar dalam ajaran agama Islam, mulai dari sholat, puasa, zakat,  kalender Hijriah, bulan Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, sampai Isra Mi’raj. Namun, tak hanya itu. Beragam pesan moral, seperti perilaku jujur, disiplin, suka menolong, dan memaafkan, juga terdapat di dalamnya.

Delapan cerita yang Anda temui di buku ini adalah: Anak yang Jujur, Bangun Pagi, Parade Mudik, Hati Cantik Irin, Berpuasa di London, Hijrah Tahun Baru, Berkorban untuk Orang Lain, dan Aku Cinta Ramadhan. Disajikan dengan ilustrasi yang apik dan menarik, gambar yang berwarna-warni membuat anak betah berlama-lama menghabiskan waktunya dengan membaca buku ini.

IMG_0362

Selain cerita, buku ini juga menyuguhkan informasi lengkap lewat halaman khusus di akhir setiap cerita mengenai ajaran Islam yang dibahas dalam cerita tersebut. Misalnya, pada cerita pertama (Anak yang Jujur), dikisahkan sosok Andi yang mendengarkan ceramah imam di masjid tentang sosok Nabi Muhammad SAW yang memiliki sifat mulia seperti jujur dan amanah, sehingga beliau dijuluki Al Amin atau orang yang dapat dipercaya. Di akhir cerita, dituliskan tentang tanggal dan tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW, silsilah keluarga, juga sifat-sifat keteladanan Sang Nabi. Contoh lain adalah pada cerita yang berjudul Aku Cinta Ramadhan, di halaman terakhir dijelaskan pula apa dan bagaimana bulan Ramadhan itu.

Setiap cerita juga dilengkapi dengan halaman interaktif berisi sejumlah pertanyaan yang membuat pembaca mengingat kembali apa saja yang telah disampaikan pada cerita sebelumnya. Di bagian ini, orangtua bisa meminta anak untuk menceritakan ulang apa yang telah mereka baca sesuai versi mereka.

Ketika saya memberikan buku ini pada anak saya, Adib Faiz Rabbani, 7 tahun, ia tak hanya sangat suka cerita-ceritanya, tapi juga ilustrasinya. Salah satu cerita favorit Adib adalah Berpuasa di London. Selain ilustrasinya dijadikan cover buku ini, cerita tersebut memiliki keunikan tersendiri sehingga Adib suka membacanya berulang-ulang.

Tampaknya, dia takjub dengan perbedaan waktu puasa di London dengan di Indonesia. Di sana, puasa bisa berlangsung 18 jam sehari, sementara di sini 14 jam. Perbedaan waktu di kedua negara ini menjadi tambahan ilmu yang penting untuk diketahui oleh semua umat muslim, tak terkecuali anak-anak.

IMG_0361

Bagi saya, yang menarik dari buku ini adalah pengetahuan mendasar tentang ajaran Islam, dari ritual hingga hari raya, serta beragam pesan moral yang disajikan. Dukungan empat orang illustrator yang berbeda juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga tiap cerita memiliki karakter ilustrasi yang khas.

Oh ya, buku ini juga pas untuk dijadikan kado, lho. Selain desainnya yang bagus, buku ini cocok untuk semua jenjang usia, baik si kecil yang sudah bisa membaca sendiri maupun yang belum.

Ella Nurlaila
Ibu satu anak yang sedang antusias memburu buku-buku cerita anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *