Indahnya Negeriku

Buku “Indahnya Negeriku” ini rasanya begitu selaras dengan semangat kebangsaan dan keragaman yang dimiliki negeri kita.

Bersama kakak beradik Ella dan Eza, anak-anak akan diajak bertualang menjelajahi seluruh penjuru Indonesia. Diawali dari Nusa Tenggara Barat, Sumbawa dan Lombok, dilanjutkan ke Jawa Timur dan Madura, Papua di Irian, Padang di Sumatera Barat, Dayak di Kalimantan, dan terakhir ke Sulawesi Utara.

Indahnya-1

Pada masing-masing tempat, Ella dan Eza akan disambut oleh seorang teman yang akan mengenalkan mereka pada keistimewaan lokal yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Keistimewaan itu bisa berupa kegiatan unik seperti pacuan kuda liar, tari-tarian atau pesta budaya, keindahan alam seperti gunung atau danau, atau makanan khas serta suvenir khas daerah.

Di Sumbawa misalnya, Ella dan Eza diajak untuk melihat rumah tradisional Suku Bima yang diberi nama Uma Ncuhi. Lalu di Banyuwangi – Jawa Timur, Ella dan Eza diajak ke Pantai Muncar untuk menyaksikan perayaan Petik Laut dan Tari Gandrung. Sementara di Papua, Ella dan Eza diajak mencicipi papeda, makanan khas daerah sana.

Di Kalimantan, Ella dan Eza juga sekalian diperkenalkan dengan sipet dan mandau, senjata khas suku Dayak. Kemudian, di Sulawesi Ella dan Eza menyelam untuk menikmati keindahan alam bawah laut Bunaken.

Indahnya-2

Terakhir, sebelum Ella dan Eza pergi, mereka pasti akan mengunjungi toko yang menjual oleh-oleh khas daerah tersebut. Mereka membeli kain songket dari Nusa Tenggara Barat, ukiran Asmat dari Papua, dan sebagainya.

“Indahnya Negeriku” menyimpan informasi yang kaya tentang ragam budaya Indonesia, tapi dikemas dengan gaya bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Ilustrasi yang memenuhi setiap halaman juga ampuh untuk menjelaskan istilah-istilah yang dimaksud dalam teks. Rumah Gadang misalnya, bentuk dan rupanya bisa dilihat langsung melalui gambar, tanpa harus dijelaskan panjang lebar pada teks.

Indahnya-3

Sepertinya buku dwibahasa (Inggris-Indonesia) ini cocok sekali dipakai untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak. Orangtua bisa membaca “Indahnya Negeriku” bersama anak balita. Atau, buku ini juga bisa diberikan kepada anak sekolah dasar sebagai bahan latihan membaca.

Yang lebih menyenangkan lagi, pada akhir setiap bab diselipkan dua halaman lembar aktivitas. Anak-anak bisa mewarnai gambar yang masih kosong, mencocokkan gambar dan tulisan, atau mencari perbedaan atas dua gambar yang serupa.

Agustina Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *