KEAJAIBAN PAGI HINGGA DINI HARI

Aktivitas harian seorang anak Muslim terangkum di dalam buah karya terbaru Renny Yaniar, salah satu pengarang buku anak yang produktif. Kali ini, Renny bertutur tentang kegiatan seorang anak Muslim yang terentang dari pagi hingga dini hari, diawali dari sholat subuh dan ditutup dengan sholat tahajud di sepertiga malam.

Ada 12 cerita di dalam “Keajaiban Pagi Hingga Dini Hari” ini. Yang menarik, hampir di setiap cerita terselip doa harian yang wajib diamalkan oleh setiap umat Muslim. Dari cerita inilah, diharapkan anak-anak bisa melatih bacaan doa-doa harian. Doa-doa yang tersaji disesuaikan dengan tema masing-masing cerita, lengkap dengan lafal dan artinya.

Keajaiban-Alt2

Misalnya, pada cerita berjudul “Alhamdulillah, Pagi Sudah Datang!” terdapat doa bangun tidur dan doa makan. Pada cerita “Mencari Tambahan Rezeki”, ada doa setelah sholat dhuha yang memang dikhususkan untuk melapangkan rezeki. Pada cerita “Tintan Sang Cinderella”,  di bagian akhir cerita tertulis doa saat becermin.

Sementara itu, pada cerita “Saatnya Kembali ke Rumah”, terdapat doa berlindung dari marabahaya di penghujung kisah. Ini mengingatkan anak-anak kita bahwa dalam setiap aktivitas yang dilakukan seorang Muslim harus diiringi dengan doa, agar mendapat ridho dari Allah SWT.

Walaupun masih dalam satu rangkaian waktu, setiap cerita diperankan oleh tokoh yang berbeda dengan kisah dan latar belakang yang berbeda pula. Hal ini menjadi variasi tersendiri sehingga pembaca tak merasa jenuh dengan beberapa tokoh saja. Tak hanya ceritanya, ilustrasi dalam buku ini juga dibuat menarik dan sederhana, pas untuk dipahami anak-anak.

Keajaiban-Alt1

Dengan pesan moral dan doa-doa harian, buku ini penting agar anak-anak belajar menghargai waktu dan melatih hafalan doa-doa harian. Selain itu, buku ini bisa menjadi salah satu sumber inspirasi dan motivasi untuk lebih banyak menghafal doa-doa harian lain.

Pesan tersirat yang saya tangkap dari buku inspiratif ini adalah: bagaimana kita harus memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Bukankah waktu tak bisa diputar mundur ataupun dihentikan lajunya? Karena itu, mari ajak anak-anak menggunakan waktu sebaik-baiknya.

Ella Nurlaila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *