Misteri Kampung Hitam

Misteri Kampung Hitam merupakan salah satu judul dari Seri Misteri Favorit terbitan Kiddo. Isinya mengisahkan tentang petualangan seorang gadis usia praremaja bernama Julia bersama sepupu laki-lakinya yang menyebalkan, Arkan.

Sesuai dengan judulnya yang mengandung misteri, maka sejak bab pertama kita sudah disuguhkan dengan teka-teki. Dimulai dari pria berambut jingga yang mendadak muncul di rumah Julia saat ia sedang berada sendirian di rumah, dilanjutkan dengan penemuan koper tua milik kakek Julia – Mbah Ton – yang selama ini teronggok di sudut gudang.

Koper tersebut ternyata berisi tumpukan piringan hitam, foto tua, dan gelang manik-manik yang aneh. Sekilas tidak ada yang istimewa dari benda-benda tersebut, tapi merekalah yang nantinya membawa Julia dan Arkan dalam serentetan peristiwa seru dan menegangkan.

1430665068935

Julia dan Arkan harus menghadapi orang-orang dewasa yang memiliki niat jahat. Ada Wanita Seram bertubuh besar yang berusaha merampas gelang Julia. Kemudian, ada lagi wanita cantik bersepatu stiletto yang misterius dan sama-sama tertarik dengan gelang milik Julia.

Di saat yang sama, Julia dan Arkan harus menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan menyangkut seputar masa lalu Mbah Ton dan kota Purworejo – kota tempat tinggal Julia – yang ternyata menyimpan banyak misteri.

Secara keseluruhan, isi buku Misteri Kampung Hitam ini menarik. Petunjuk yang ditinggalkan di setiap bab akan menimbulkan rasa ingin tahu dan motivasi untuk membaca bab berikutnya.

Namun, berbeda dari cerita misteri pada umumnya, di buku ini disisipkan beberapa fakta sejarah. Tentang kota Purworejo, misalnya. Siapa sangka bahwa di sana ternyata ada Kampung Afrika yang pada zaman Belanda diisi oleh tentara KNIL kulit hitam?

1430664959664

Inilah nilai lebih dari Misteri Kampung Hitam. Anak bukan hanya disuguhkan cerita, melainkan juga pengetahuan atas sejarah dan budaya bangsanya. Semua dibalut dalam gaya bahasa ringan, ditambah ilustrasi yang menarik.

Kesimpulannya, Misteri Kampung Hitam adalah buku yang asyik dan unik, bahkan bisa disebut langka. Jarang sekali kita menemukan novel anak yang memiliki fakta-fakta khas Indonesia. Buku ini pas untuk dibaca anak usia delapan tahun ke atas.

Agustina Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *