Pipi Tak Mau Terbang

“Pipi Tak Mau Terbang” adalah satu di antara sepuluh Seri Cerita Binatang keluaran penerbit Tiga Serangkai.

Buku ini mengisahkan tentang seekor burung dara kecil bernama Pipi yang benci terbang. Baginya, terbang itu melelahkan dan buang-buang tenaga saja. Saat teman-temannya sibuk latihan terbang, Pipi hanya tidur-tiduran di dalam sarang. Lucu, bukan? Ada burung yang tidak suka terbang? Tapi begitulah Pipi. Ia pikir, pasti ada cara selain terbang untuk mencapai suatu tempat.

Pipi1

Tibalah hari ketika Pipi harus pergi ke sekolah. Lokasi sekolah itu cukup jauh, tapi sebenarnya mudah dicapai dengan terbang. Meski begitu, Pipi berkeras tidak mau terbang. Dengan mengandalkan akalnya, Pipi mencari cara lain untuk pergi ke sekolah. Ia bergantian menumpang punggung si gajah, badak, kambing gunung, dan si buaya. Pipi merasa cerdas sekali, sampai ia tiba di bawah sebuah pohon. Ternyata… sekolah Pipi berada di ranting paling atas!

Pipi tetap tidak mau terbang. Ia memutar otak dengan keras. Tiba-tiba muncul rubah yang hendak melahap Pipi. Situasi genting ini akhirnya membuat Pipi mau tidak mau harus mengepakkan sayapnya. Dan siapa sangka, ternyata terbang itu menyenangkan.

Dilihat dari jumlah teks yang minim, “Pipi Tidak Mau Terbang” bisa dimasukkan ke dalam kategori picture book. Ilustrasi yang mengiringi teksnya berkesan lucu dan hidup, membuat cerita jadi lebih mudah dinikmati.

Pipi2

Ceritanya sendiri juga unik dan menghibur. Di halaman terakhir, kita bisa membaca pesan moral yang diusung sepanjang cerita. Meskipun ada pesan moral yang diselipkan, tapi pesan itu sukses dimasukkan secara halus di sepanjang cerita. Pembaca tidak akan sampai merasa digurui.

Membaca kisah dan ilustrasi yang lucu di buku ini, rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli buku-buku lain yang ada di Seri Cerita Binatang. Tentu akan sangat menyenangkan bisa membacakan kisah-kisah tersebut pada anak-anak yang masih balita.

Agustina Sugianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *