Sekura Raksasa

Cepatlah cari buku yang satu ini, sebelum terlambat. Saat ini, “Sekura Raksasa” masih bisa ditemukan di sejumlah toko buku.

Memang sih, Anda harus sedikit niat dalam mencarinya (sama seperti mencari buku anak berkualitas pada umumnya). Kemungkinan, letaknya agak “tersembunyi” di sudut bagian buku anak, rak paling pojok, level paling bawah. Setidaknya, inilah posisi buku tersebut saat saya menemukannya.

Lihatlah sampulnya. Eye-catching sekaligus mengundang tanda tanya, bukan? Nah, sebelum membacanya bersama anak atau membiarkannya membaca sendiri, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mengeksplorasi cover buku ini bersama anak.

Tanyakan padanya: Menurutnya, cerita apa yang ada di dalamnya? Bisakah ia menebak makna dari judul “Sekura Raksasa”? Pancing juga anak untuk menemukan sosok bocah yang tersembunyi di dalam figur unik di sampul.

Memang, visual yang kuat menjadi daya tarik tersendiri dalam buku ini. Ceritanya sendiri hanya terdiri dari 1-3 kalimat pendek per halaman. Sebaliknya, kekayaan ilustrasi memiliki peran lebih besar dalam bercerita, dan ini sangat baik untuk memperkenalkan anak sejak dini terhadap apresiasi seni visual.

Kontennya simpel tapi powerful. Berkisah tentang kemeriahan persiapan pesta topeng yang menjadi tradisi di Lampung Barat, cerita ini menyorot peran anak sebagai agen aktif dalam partisipasi kebudayaan, yang juga merupakan bagian signifikan dalam masa kanak-kanak mereka.

Mereka di sini adalah Zahra, Junai, dan Lamudin. Ingin terlibat dalam perayaan Sekura namun tak menemukan topeng yang mereka suka, tiga bocah ini memutuskan membuat sendiri topeng dari barang-barang bekas. Keseruan membuat topeng pun digambarkan dengan jenaka.

Hasilnya? Topeng raksasa untuk dipakai oleh mereka bertiga! Dilengkapi kain jemuran Nenek, penampilan dari kreasi Zahra dkk. tak pelak mendapat sambutan dari orang dewasa.

Untuk meningkatkan pengalaman membaca “Sekura Raksasa”, tantang si kecil untuk ikut membuat topeng kreasi sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Pasti seru!

Herdiana Hakim

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *