Wuusss… Angin Membawa Telur Terbang

Buku bergambar dengan ilustrasi cantik ini berkisah mengenai sebutir telur mungil yang terjatuh dari pohon. Telur itu menggelinding, melayang terbawa angin, melintasi taman, pasar, dan sekolah. Ia juga sempat nyaris terlindas mobil dan terinjak kaki seseorang.

Untungnya, telur itu berhasil mendarat di dekat sarang semut, di habitat awalnya. Tapi astaga, sesuatu yang mengejutkan terjadi ketika si telur akhirnya menetas. Ternyata, isinya seekor semut merah, bukan semut hitam seperti yang lain.

Wuss-1

Cerita “Wuusss… Angin Membawa Telur Terbang” bisa dibilang sederhana. Jumlah teks yang ada di setiap halaman pun tidak banyak. Walau begitu, buku ini tetap terlihat menarik apabila dibacakan dengan baik oleh orangtua kepada para batita.

Sambil menunjukkan ilustrasi buku yang cantik pada buah hati, orangtua bisa menceritakan tentang petualangan telur kecil yang menakjubkan. Apabila telur-telur lain hanya diam di dalam sarang, telur yang satu ini sudah berkelana melihat lingkungan sekelilingnya sejak sebelum menetas.

Sang telur mungil juga sempat menghadapi situasi yang berbahaya, sebelum akhirnya bisa kembali dengan selamat ke dalam sarang. Dan, meskipun ternyata si telur berakhir di sarang yang salah, ia tetap bisa hidup dengan harmonis bersama teman-temannya yang berbeda.

Wuss-2

Kadang, cerita yang tampak sederhana justru bisa membuka ruang bagi orangtua untuk lebih ekspresif dalam bertutur kisah. Dengan begitu, waktu mendongeng bersama anak akan terasa lebih hidup.

PS. Buku ini didapuk sebagai salah satu Grand Prize Winner dalam Samsung KidsTime Authors’ Award 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *